Walau Santai, Golf Juga Rentan Cedera

Overused Injury sangat rentan menimpa pemain golf

Identik dengan olahraga yang santai, banyak sekali orang yang menganggap bahwa olahraga golf merupakan olahraga yang paling tidak mungkin mengalami cedera. Rupanya anggapan tersebut salah besar, mengingat jika kita lihat dari penyebabnya ternyata cedera tidak hanya bisa terjadi pada jenis olahraga yang aktif bergerak saja.

Penyebab Cedera dalam Olahraga

Penyebab cedera dalam olahraga golf

Penyebab cedera dalam olahraga golf

Cedera merupakan keadaan dimana otot kita tidak mampu menerima stress yang diberikan dari luar tubuh. Dalam kenyataannya, yang menyebabkan otot kita menerima stress ternyata bermacam-macam. Namun secara garis besar, sebenarnya ada dua macam hal yang menyebabkan tubuh kita bisa mengalami cedera. Berikut adalan hal tersebut:

Overused Injury

Overused Injury atau Gerakan Secara Berulang merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan cedera dalam olahraga. Melakukan suatu gerakan tertentu secara berulang menggunakan suatu bagian tubuh tertentu faktanya bisa menyebabkan stress yang cukup berat pada otot. Memang efek dari Overused Injury ini tidak akan terasa seperti ketika kita memakan cabe, begitu kita makan akan langsung terasa pedas. Namun ini akan menyerang perlahan dalam jangka panjang dan relatif lebih lama sehingga kita tidak menyadari nya.

Pada bagian tubuh atas, bagian otot dan sendi pada jari, pergelangan dan juga telapak tangan merupakan bagian yang paling rentan. Sedangkan pada bagian bawah tubuh, sendi pada lutut dan pergelangan kaki memiliki kemungkinan paling tinggi untuk terkena Overused Injury ini.

Traumatic Injury

Traumatic Injury atau Cedera Traumatis merupakan hal lain yang bisa menyebabkan ceedera dalam olahraga. Berbeda dengan Overused Injury, penyebab dalam Traumatic Injury dapat dipastikan secara langsung. Benturan yang mengenai bagian tubuh tertentu dan stress atas benturan tersebut melebihi kapasitas tubuh kita merupakan penjelasan singkat bagaimana Traumatic Injury ini bisa menimpa kita.

Dalam permainan golf, resiko untuk terkena Traumatic Injury sangatlah kecil (kecuali anda kalah taruhan dengan lawan dan akhirnya berantem). Hal ini disebabkan karena dalam olahraga golf, sangat sedikit terjadi kontak fisik, namun bukan berarti kegiatan golf bebas dari resiko cedera yang mengintai.

Faktor Penyebab Cedera

Overused Injury sangat rentan menimpa pemain golf

Overused Injury sangat rentan menimpa pemain golf

Selain sebab utama dari Overused dan Traumatic Injury, ternyata ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan kita bisa terkena cedera. Di samping penjelasan secara garis besar di atas, terdapat juga faktor-faktor yang menyebabkan kita cedera saat melakukan aktivitas olahraga. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi:

Kondisi Individu

Dalam melakukan kegiatan olahraga setiap orang tentu memiliki kapasitas dan kemampuan yang berbeda pula. Perbedaan faktor usia, jenis kelamin, karakter, kebiasaan dan kelainan postur rupanya sangat mempengaruhi resiko seseorang dapat terkena cedera. Sebagai contoh: wanita pemarah berusia lanjut dengan kelainan postur dan tidak terbiasa melakukan pemanasan akan lebih rentan terkena cedera dibanding sebaliknya.

Sarana Olahraga

Ketika kita melakukan kegiatan olahraga yang memerlukan peralatan khusus terutama golf, hendaknya kita kembali memeriksa ulang kelayakannya. Sebab jika suatu peralatan tidak berada dalam kondisi yang layak, maka akan berbahaya jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang berujung kepada resiko cedera yang menimpa kita.

Karakteristik Olahraga

Kenali karakteristik olahraga yang akan kita lakukan. Olahraga yang dominan menggunakan tubuh bagian atas seperti golf tentu akan lebih rentan mengalami cedera di bagian tangan dan sekitarnya. Jika kita sudah mengetahui resikonya, kita jadi bisa berjaga-jaga supaya tidak terlalu membebani bagian tubuh yang rentan terhadap cedera.

Begitulah kira-kira sekilas tentang cedera dan faktor penyebabnya. Semoga berguna bagi anda.