Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Ikut Turnamen Golf

Menjaga etika ketika bermaingolf sangat diperlukan

Dalam setiap cabang olahraga yang resmi terdaftar di dunia, tentu ada kompetisi atau turnamen yang dipertandingkan. Begitu juga dengan olahraga golf. Jika Sepakbola memiliki World Cup atau Euro, maka golf punya World Golf Championship atau US. Open sebagai turnamen resmi tingkat dunia.

Tujuan diadakannya turnamen golf resmi semacam ini selain untuk membuktikan siapa yang menjadi nomor satu di golf yaitu untuk menduniakan cabang olahraga golf. Diadakan turnamen semacam ini saja masyarakat masih tidak terlalu familiar dengan cabang olahraga golf, bagaimana jika tidak ada.

Tidak semua orang yang menekuni kegiatan golf berniat untuk memfokuskan diri terhadap olahraga yang satu ini. Jadi jangan heran jika jawara-jawara golf tingkat dunia sangat bisa dihitung jari. Bahkan saya pun hanya tau Tiger Woods saja, hehehe. Untuk mengikuti sebuah turnamen tentu setiap pemain harus mengetahui sistem dan tata caranya. Berikut adalah Peraturan dan Etika dalam Turnamen Golf.

Peraturan Resmi Turnamen Golf Internasional

Turnamen dalam golf memiliki peraturannya sendiri

Turnamen dalam golf memiliki peraturannya sendiri

Bukan hanya golf saja, turnamen dalam setiap cabang olahraga pasti mempunyai peraturan dan tata cara. Namun pasti peraturan dan tata cara yang diterapkan tersebut berbeda. Dan aturan pada setiap ajang turnamen pun tentu memiliki beberapa perbedaan tergantung dari beberapa faktor.

Berikut adalah yang harus anda ketahui jika ingin ikut bertanding dalam sebuah turnamen Internasional:

  • No Anchor Putting
    Anchor Putting adalah salah satu cara memukul selain menggunakan teknik swing yang normal. Biasanya pemain melakukan anchor putting ketika bola telah berada tidak jauh dari hole. Terkadang pemain juga melakukannya dengan posisi broomhandle yaitu memegang stick seperti gagang sapu. Teknik seperti ini jelas dilarang dalam turnamen sejak 2016, dan yang melanggarnya akan diganjar penalti penambahan 2 pukulan.
  • Gerakan Bola Saat Address
    Address yaitu situasi saat pemain selesai menaruh bola dan bersiap melakukan pukulan. Dalam kondisi tersebut terkadang bola suka bergerak sendir akibat angin. Oleh karena itu pada 2016 kemarin peraturan baru dikeluarkan. Pemain baru dinyatakan sah melakukan pukulan jika stick mengenai bola. Bola bergerak karena angin tidak dihitung sebagai pukulan.
  • Penggunaan Alat Bantu Ekstra
    Penggunaan alat tambahan dalam turnamen golf internasional sebenarnya tidak dilarang. Namun alat yang digunakan harus lazim dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. Jika seorang pemain melanggar peraturan ini, maka akan menerima penalti 2 pukulan pada permainan Stroke Play. Dan apabila melakukannya lagi, maka akan dinyatakan kalah. Sedangkan pada Matchplay, pemain akan langsung dinyatakan kalah.

Etika Bermain Dalam Sebuah Turnamen Non-Internasional

Menjaga etika ketika bermaingolf sangat diperlukan

Menjaga etika ketika bermaingolf sangat diperlukan

Selain skala Internasional, dalam golf pun terkadang diadakan turnamen tingkat amatir atau biasa disbeut dengan Turnamen Internal. Memang turnamen semacam ini kebanyakan hanya sebagai ajang silaturahmi saja. Siapa pun juga bisa ikut serta dalam turnamen ini, tidak perlu menjadi atlet yang terdaftar resmi.

Biarpun tidak terikat dengan peraturan dan tata cara resmi, jika anda ingin ikut serta dalam turnamen sebaiknya anda mematuhi etika atau semacam peraturan tidak tertulis. Ini bertujuan demi kelancaran jalannya turnamen tanpa harus mengikuti sistem dan tata cara resmi yang kompleks namun juga tetap tertata tidak seperti kompetisi sepakbola antar kampung.

Berikut adalah Etika Yang Harus Diperhatikan Saat Anda Bermain Dalam Turnamen Golf:

  • Mengedepankan rasa persahabatan, kejujuran dan kesehatan
  • Datang tepat waktu sehingga tidak memperlambat tee-off para peserta yang lain
  • Bermain dengan cepat dari satu hole ke hole lainnya
  • Bercanda santai saat perjalanan menuju bola, namun menjaga ketenangan pada saat memukul
  • Bertanggung jawan pada kartu skoer masing-masing
  • Menjaga kejujuran/fairness dengan
  • Tidak melakukan pertaruhan/judi